Diberdayakan oleh Blogger.

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lombok

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan ikut serta dalam perjalanan dinas Menteri Koordinator Maritim Rizal Ramli ke Nusa Tenggara Barat bersama dengan beberapa netizen lainnya. Yeah... Senang dan merasa beruntung banget.

Beberapa tahun yang lalu saya pernah ke Bali dan berencana langsung terbang ke Lombok. Sayang waktu itu rencana tersebut belum kesampaian. Dan ketika saya dihubungi oleh salah seorang staf dari Kementrian Maritim, saya pun langsung berteriak “Wish comes true. Lombok ... I’m coming.

Penerbangan dari  Soekarno Hatta menuju Praya Lombok International  pun lancar jaya. Kami pun langsung menuju hotel kami di Kota Mataram. Kami sampai pada pukul 21.15, jalan raya tidak terlau terang karena memang di sini masih diberlakukan pemadaman bergilir.

Kami pun langsung menuju hotel kami di Mataram, makan malam sebentar, dan langsung tidur. Bersiap keesokan harinnya mengikuti kunjungan kerja Rizal Ramli ke beberapa tempat. Pertama ke Hotel Lombok Raya di Mataram, tempat berlangsung peringatan Hari Pers Nasional. Setelahnya kami ikut serta dalam iring-iringan voridjer menuju Pelabuhan Lembar. 

Setelah kunjungan tersbut, ada saat kami berkesempatan mengunjungi beberapa tempat wisata yang sungguh unik dan indah di daerah Lombok, mulai dari berbagai pantai, perkampungan suku sasak, hingga gili. Wahh Indonesia cantik banget. Berikut tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Lombok.

Pantai Tanjung Aan
Lombok memiliki banyak pantai yang indah. Salah satunya adalah pantai Tanjung Aan yang begitu indah. Pantai ini masih belum seterkenal pantai Senggigi dan Pantai Kuta. Letaknya berada di Kawasan Ekonomi (KEK) Mandalika, berdekatan dengan Pantai Kuta. 
Pantai Tanjung Aan (Foto: Koleksi Pribadi)
Pantainya sungguh indah dengan pasir yang bentuknya seperti kemiri, besar dan putih. Jika kita menginjak pasir, kaki kita akan menerobos pasir sangat dalam hingga betis orang dewasa. Jadi, memang butuh usaha yang cukup besar untuk berjalan di pasar ini menuju pantai. Anak-anak  dengan ceria bermain di pinggir pantai. Wisatawan pun masih amat jarang mengetahui tempat ini.

Setelah bosan bermain di pinggir pantai, kita bisa naik keTanjung Aan. Sudah ada tangga buatan untuk bisa naik. Dari atas kita dapat melihat betapa indahnya pantai dan lautan.  

Pantai Kuta
Bukan hanya Bali yang memiliki pantai Kuta, Lombok juga memiliki pantai dengan nama yang sama. Jalan menuju pantai ini sungguh mulus. Pantainya indah dengan garis pantai yang panjang dan pasir yang putih. Sejauh mata memandang, warna birunya sangat menenangkan dan enak sekali bisa berjalan di pinggir pantainya. Kami datang setelah acara puncak Hari Pers yang dibuka oleh Bapak Presiden Jokowi, jadi memang keadaan pantai menjadi tidak begitu bersih. Pada saat kami meninggakan pantai ini, petugas sedang bekerja keras membersihkan pantai.   
Pantai Kuta Lombok (Foto Pribadi)
Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan pantai pertama yang kami kunjungi saat tiba di Lombok. Pantai ini adalah pantai yang paling ramai di antara pantai-pantai yang lain. Banyak sekali orang-orang lokal yang bermain air di sini. Sayangnya, Pantai Senggigi kurang terawat. Ada saja sampah yang bertebaran. Seandainya bisa bersih, pantai ini tentunya akan jauh lebih indah. Kami bisa duduk di semacam bungalow dan tempat tidur ala pantai dengan gratis.
Pantai Senggigi
Di pinggir pantai, ada tukang es kelapa yang menggelar dagangannya. Kami kemudian menghabiskan sore hari dengan satu batok air kelapa muda.

Dusun Sade Suku Sasak
Tempat ini merupakan tempat wajib yang mesti dikunjungi, tempat tinggal 700 orang Suku Sasak. Ketika sampai di pintu gerbangnya, kami langsung disambut oleh seorang guide, laki-laki Sasak asli yang menggunakan sarung warna-warni. Setelah kami mengisi buku tamu, kami langsung diantar melihat rumah tradisional suku Sasak yang beratap rumbia dan berlantai rumah masih tanah.

Dusun Sade Suku Sasak
Sang guide kemudian menjelaskan mengenai filosofi lantai rumah dan bagian-bagian rumah yang terdiri dari empat bagian, mulai dari bagian depan, dapur, tempat tidur anak perempuan, dan juga tempat melahirkan. Namun di antara banyak penjelasan, ada  hal yang begitu unik. Para perempuan suku Sasak harus mengepel lantai setidaknya satu minggu sekali menggunakan kotoran kerbau. What?

Namun anehnya, ketika masuk ke rumah tanpa ventilasi dan penerangan yang tutup, tidak tercium bau kotoran tersebut.

Menurut guide kami, para perempuan tersebut mengepel lantai dengan menggunakan kotoran kerbau yang baru benar-benar keluar jadi masih terasa hangat dan tidak bau. Kotoran tersebut yang kemudian dicampur dengan sekam sehingga rumah menjadi hangat dan debu juga tidak bertaburan.  Masih banyak cerita unik lainnya mengenai suku Sasak. Salah satunya mengenai kawin culik.

Gili Trawangan
Saatnya untuk snorkeling.... Yeay.... Ini kali pertama saya snorkeling. Namun sebelumnya kami mampir di salah satu gili yang paling besar di Lombok, yaitu Gili Trawangan. Boat kami sudah siap dan perjalanan adventorous pun di mulai. Weww.... Gili Trawangan masih sangat tradisional. Kita bisa menyewa sepeda untuk  mengelilingi pulau ini. Kafe-kafe berderet dengan rapi. Tempat kursus diving juga dapat mudah ditemukan di sini. Restoran dan penjual suvenir pun banyak ditemukan. Para bule dan orang lokal yang eksotis bercakap-cakap dengan bahasa Inggris, kadang juga berbahasa Perancis.
Gili Trawangan (Foto Pribadi dan Fauzan)
Bagi kamu yang hendak ke sini, kamu mesti prepare kamera Go Pro karena di Gili Trawangan kami tidak menemukan  rental kamera Go Pro.


Share on Google Plus

About Sonta Frisca

Usaha tidak akan pernah sia-sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

5 komentar:

  1. Asyik banget mengunjungi tempat wisata 1.000 masjid ini. Benar, pantainya bagus-bagus

    BalasHapus
  2. Jangan lupa kuliner ayam rarang atau taliwang nya juara
    eh ada sate rembige yg bikin kelimpungan nikmat nya hahaha

    BalasHapus
  3. Kyahhh... mupeng bnget bisa snorkeling di Gili Trawangan. Maksa aja pngen nyobain karena pantai eksotisnya meski ga bisa renang hhee

    BalasHapus
  4. Semoga suatu saat saya bersama keluarga dapat berkunjung ke Lombok :)

    BalasHapus
  5. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lombok".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus