Diberdayakan oleh Blogger.

Ini Cara Diet yang Pasti Berhasil

Bagi kamu yang sedang ingin memulai diet lagi dan sedang mempertimbangkan program diet yang akan kamu ikuti. Yup... kamu bisa terus melanjutkan membaca artikel ini.
Memilih metode diet yang terbaik (freedigitalphotos.net)
Kita mengenal dan mendengar banyak sekali metode diet beserta kisah-kisah suksesnya yang menginspirasi. Ssttt ... dengan metode diet tertentu ada orang yang bisa turun 60 kilogram, masa aku cuma 10 kg saja ngak bisa? Itu pasti yang ada di benak kamu saat ingin memulainya.

Kita pun segera mengintip tips dan triks metode diet tersebut serta do’s and dont’s-nya. Namun sering kali semangat itu luntur dalam beberapa minggu, bahkan dalam beberapa hari. Gagal menjadi hal yang biasa, bahkan ada yang sampai meregang nyawa karena diet yang tidak sehat.

Jadi, pertanyaannya mengapa diet bisa sukses untuk sebagian orang, sedangkan bagi sebagian lain adalah kegagalan besar.

Bagi kamu yang selalu gagal atau pernah berhasil, tetapi kemudian gagal lagi, ini saatnya untuk berhasil dan tetap langsing dengan cara menentukan metode diet mana yang terbaik.

Namun sebelumnya kita akan mengenal beberapa jenis diet terlebih dahulu. Salah satu diet yang ngehits beberapa waktu yang lalu adalah diet OCD yang diajarkan oleh Dedy Corbuzier. Katanya mentalis ini mengadopsi metodenya dari seorang biksu.

Jenis diet lainnya yang juga banyak digunakan oleh para selebritis adalah Diet Mayo. Kamu hanya boleh makan protein dan sayuran dengan porsi tertentu saja dalam batas waktu tertentu, 10 hari, dan setelahnya kamu bebas mengonsumsi apa pun dalam jumlah berapa pun. Jadi dalam jangka waktu tersebut, pelaku diet dilarang makan karbohidrat apa  pun. Lupakan untuk makan berbagai jenis cake dan es krim.

Dalam waktu seminggu, ada yang bisa berkurang berat badannya hingga 5-10 kg. Wawww... kamu pasti akan berhasil mempesona orang lain dengan cara diet ini.

Sayangnya berdasarkan pengalaman seorang teman, langsing dengan metode ini tidaklah kekal. Dia pernah berhasil dengan diet tersebut. Sepuluh hari bersakit-sakit dahulu, no cake, no snack, no chocho. Setelah 10 hari, dia boleh makan apa pun dengan porsi berapa pun. Katanya setelah melakukan diet tersebut, perut sudah terkunci. Jadi, kamu pasti tidak akan kembali gendut.

Nyatanya dia kembali menggendut dalam jangka waktu tertentu.  Kemudian dia kembali memulai diet Mayo jilid 2. Tampaknya dia sangat percaya bahwa diet tersebut kembali melangsing dan memang benar dia kembali melangsing. Namun beberapa bulan kemudian dia kembali ke ukuran tubuhnya, bahkan menjadi lebih besar dari sebelum  memulai diet.

Pertanyaannya kembali lagi ke atas diet apa sebenarnya yang pasti bikin langsing selamanya? Selain dua metode diet di atas, masih ada lagi jenis diet lainnya, seperti food combining, raw food diet, baby food diet, dll. Semuanya menjanjikan bentuk tubuh yang langsing.

Sebelum kamu memutuskan yang mana  yang terbaik bagi Anda, perhatikan dulu konsep-konsep mengenai diet agar Anda tak salah langkah.

Tak Ada yang Abadi
Jika ada metode diet yang mengatakan bahwa Anda hanya perlu melakukan diet dalam waktu tertentu, percayalah bahwa itu adalah sesuatu yang sesat.

Mengapa demikian? Karena ketika Anda kembali ke kebiasaan makan yang lama dan mengasup jumlah makan yang berlebihan daripada yang dibutuhkan. Percayalah sedikit demi sedikit, tetapi pasti, Anda akan kembali membesar.

Oleh karena itu, kebiasaan makan yang baik harus dipraktikkan sepanjang hidup kita kalau tidak ingin kembali membesar. Ini hal penting yang perlu Anda catat. Jadi ketika Anda sudah berhasil dengan metode diet yang Anda pilih, jadikan itu sebagai  life style....  Lakukan itu setiap hari selama Anda masih di dunia.

Makan Kapan pun Saat Lapar
Ada beberapa orang yang bertanya mengenai jam makan ketika hendak melangsingkan diri. Ada pendapat yang mengatakan jangan makan malam setelah jam 7 kalau ingin mencapai tujuan tersebut.

Jadi bagaimana jika pukul 7 lewat 5 saya kelaparan? Apakah saya harus menahannya?

Kabar buruk bagi Anda yang suka menahan lapar. Pada saat  kamu melakukannya, Anda sedang mengobrak-abrik dan menghancurkan tubuh Anda sendiri.

Tubuh menjadi kebingungan karena otak mengelabui sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh. Akan ada saatnya tubuh tak tahan lagi dan akan “meledak”. Secara tidak sadar kamu akan memakan apa pun sebanyak-banyaknya. Kamu akan kehilangan kontrol pada tubuh dan pikiran. Hal ini yang membuat kamu kembali membesar.

Pesan sederhananya adalah makan kapan pun saat Anda lapar. Namun yang perlu dicatat, kamu perlu memastikan bahwa rasa itu sungguh lapar, bukan hanya sekadar nafsu.

Bagaimana cara memastikannya itu benar-benar rasa lapar?

Minumlah terlebih dahulu. Jika dalam waktu 15 menit, rasa itu kembali datang. Dapat dipastikan bahwa itu memang rasa lapar. Kapan pun kamu merasakan lapar, segeralah mengunyah makanan tertentu.

Jadi, ketika tengah malam pun kamu lapar, silakan makan. Namun demikianlah, berhati-hatilah dengan porsi yang dimakan serta pilihan makanan yang diasup.

Intinya jika ada diet yang meminta kamu untuk menahan rasa lapar, segera tinggalkan diet tersebut karena itu hanya akan membuat kamu menderita. Diet tersebut tak akan bekerja dalam jangka waktu yang panjang. 

Diet Tak Boleh Menyiksa
Selain menahan lapar, tubuh kita juga sering disiksa secara psikologis. Contohnya terjadi pada salah seorang teman saya. Dia sangat suka dengan berbagai makanan yang digoreng, mulai dari bakwan, tahu isi, risoles, hingga  pastel.

Dan bagaimana ini, teriaknya, diet yang dia pilih “mengharamkan” makanan yang digoreng-goreng? Di minggu pertama dia berhasil pantang makanan-makanan tersebut. Namun suatu saat tubuhnya tidak bisa diajak kerja sama lagi.  

Dia akhirnya mengakhiri diet tersebut karena menurutnya dia tidak dapat menikmati kehidupan jika terus-terus begitu.

Petuah sederhananya, tinggalkan diet yang mengharuskan kamu hanya boleh makan dengan jenis-jenis yang terbatas. Makan apa pun yang Anda suka, tetapi ingat dengan porsi yang tidak berlebihan.

Penting!
Metode apa pun yang kamu pilih, bukanlah sesuatu yang penting. Bagian pentingnya, kamu harus peduli dan mendengarkan tubuh kamu. Penuhi keinginannya dengan jenis dan kuantitas makanan yang tepat, tidak kurang dan lebih. Dengan demikian, semoga langsing tidak berumur bulan atau tahunan plus tubuh kamu bugar selamanya. Selamat melangsing!

Share on Google Plus

About Sonta Frisca

Usaha tidak akan pernah sia-sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

16 komentar:

  1. Balasan
    1. Thx mbak atas kunjungannya semoga berguna

      Hapus
    2. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
      ''''''''''

      Hapus
  2. Dulu waktu SMA sampai kuliah aku gendut. Ga banget tapi cukup bikin minder dengan perut buncit dan pipi chubby. Sekarang sih biasa aja makannya. Kalau lapar ya makan. Kalau kenyang ya berhenti. Diet? harusnya dijalani sih tapi bukan tujuan ngurusin badan, karena ternyata aku alergi banyak sama makanan. Suka dikomplenin sama dokter soalnya dia tau aja aku cheating :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohhh y... pernah gendut? Sekarang malah zuper langsing. untungnya, aku nga pernah alergi mkn apa ajah. Semuanya masuk

      Hapus
  3. Iya setuju, pada akhirnya kita harus lebih menyayangi tubuh kita sendiri ya Mak. Jangan sampe pengen kurus tapi malah ngerusak badan sendiri. Dulu aku pernah coba OCD dan berhasil banget, tapi lepas dari itu berat badan kembali naik cepet banget. Huhu. Akhirnya ya sekarang nggak percaya sama diet-dietan yang macem-macem. Kalo emang mau kurus ya batasin makan dan olahraga aja. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahhh... klo yang bgt, nga bagus... yang penting jaga porsi mkn. Plus olahraga. Nah yang ini aku suka rada males

      Hapus
  4. setujuuu bgt ama cara yg kamu tulis mbak.. diet2 yg bilang kita ga boleh makan makanan tretentu dalam jangka waktu tertentu juga, dan kemudian bebas makan apapun, itu mah bullshit bgt ;p.. perut udh terkunci?? Dikira pintu kalii :D ..Aku tetep percaya, diet yg bener ya dgn pola makan teratur dan olahraga.. ga ada cara lain deh.. cara2 instan begitu mah cuma ngasih hasil sesaat doang ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba... kita akur masalah langsing itu mesti diet yang sehat dan jangka panjang...

      Hapus
    2. Bener banget mba... kita akur masalah langsing itu mesti diet yang sehat dan jangka panjang...

      Hapus
  5. tips yang bermanfaat
    salam sehat dan semangat

    BalasHapus
  6. sangat membantu tuh tips2 cara dietnya. nanti bisa saya rekomendasikan kepada teman. thanks ulasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas. Semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Sama2 mas. Semoga bermanfaat

      Hapus