Diberdayakan oleh Blogger.

Mie Gomak: Perpaduan Bumbu Khas Asia dengan Pasta Italia. Selamat Mendunia!

Memilih satu dari sebegitu banyak makanan suku Batak begitu sulit. Semuanya otentik dan lezat. Namun ada salah satu makanan unik yang merupakan perpaduan antara pasta Italia dan bumbu khas Asia. Namanya adalah mie gomak. Mie seukuran spagheti ini dimasak dengan berbagai variasi bahan serta cara memasak yang berbeda, tetapi tak akan otentik jika tidak ditambahkan bumbu khas tersebut.

Mari kita mengenal mie gomak. Gomak dalam bahasa Batak berarti mengambil dengan tangan. Kemungkinan zaman dahulu orang Batak belum mengenal sendok sehingga mi diambil begitu saja dengan tangan ketika akan disajikan. Namun ketika higienitas adalah sebuah isu penting, saat ini semua pedagang mie gomak sudah menggunakan sendok saat menyajikannya kepada pembeli. 


Zaman berubah. Begitu juga dengan variasi mie gomak pun tak sepenuhnya sama seperti pertama kali dikreasikan oleh nenek moyang orang Batak. Bahan tambahan mie gomak bisa berbeda dari satu tempat ke tempat lain, dari satu orang ke orang lain. Semuanya bergantung pada selera dan kreativitas masing-masing. Hal yang tak pernah berubah adalah penggunaan bumbu khas Batak andaliman atau merica Batak yang membuatnya menjadi otentik. 

Bumbu  ini menghasilkan rasa pedas yang cetar, yaitu sensasi kelu atau mati rasa di lidah. Rasa pedasnya berbeda dengan rasa panas dari cabai. Anda akan merasa sensasi yang berbeda saat mengunyah kuliner dengan bumbu khas Batak ini.  

Jika ditilik lebih jauh, andaliman ternyata sangat terkenal di luar negri, khususnya di Asia. Sushi dan ramen yang termasuk ke dalam 50 makanan terbaik di dunia juga menggunakan andaliman sebagai salah satu bumbunya. Di meja restoran Jepang andaliman disebut dengan nama lada sansho. Berbagai macam makanan Korea juga menggunakan andaliman yang dalam bahasa Koreanya bumbu tersebut dinamakan sanchonamu. Dalam bahasa Inggris andaliman disebut sichuan pepper. 

Mie Gomak Alternatif Karbohidrat Non-nasi

Meskipun spagheti dan mi gomak memiliki rupa yang sama, ternyata kedua makanan ini terbuat dari bahan yang berbeda. Spagheti terbuat dari gandum, sedangkan mi gomak terbuat dari tepung ubi. Buah menjalar ini merupakan salah satu hasil bumi di Sumatera Utara. Jika musim panen raya tiba, pabrik sampai tidak bisa menampungnya. 

Mie gomak bisa menjadi pilihan karbohidrat non-beras yang bisa menggantikan beras sebagai bahan makanan pokok. Menurut Bungaran Saragih, Menteri Pertanian pada saat pemerintahan Megawati, orang Batak adalah suku bangsa yang paling banyak mengonsumsi beras dibandingkan suku-suku lainnya di Indonesia. 


Mie gomak adalah alternatif karbohidrat lain dengan kadar serat yang lebih tinggi daripada nasi. Karbohidrat ini juga lebih sehat karena memiliki kadar GI rendah sehingga lebih lamban meningkatkan gula darah. Ubi  juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Vitamin A-nya hampir dua kali lipat daripada yang disarankan dikonsumsi setiap hari, sementara vitamin C-nya dapat mencukupi 60% kebutuhan harian tubuh.
Mi gomak sudah lezat menyehatkan pula!

Makanan Lezat yang Sarat Nutrisi
Mi gomak merupakan kuliner dengan paduan nutrisi yang lengkap, mulai dari protein, serat, hingga karbohidrat. Dengan memakan satu porsi, kebutuhan akan nutrisi akan terlengkapi. Aslinya mie gomak adalah mi yang dimakan bersama kuah kaldu kuning yang dimasak bersama santan dengan potongan sayuran labu dan buncis dan kemudian dimakan dengan telur rebus. 

Berbeda dengan di Sibolga Tapanuli Utara, mi gomak disajikan dengan sambal kacang seperti bumbu pecel. Rasanya juga mantap.

Seturut perkembangan jaman, mie gomak goreng juga lumrah ditemukan di lapo (tempat makan batak) dan resto yang khusus menjual makanan Batak. 

Saat ini sayuran yang dipergunakan pun beraneka ragam mulai dari sawi hijau, sawi putih, hingga kol. Untuk proteinnya, daging babi biasanya digantikan dengan seafood dan daging ayam untuk makanan halal. Ada juga resep yang menggunakan tempe dan sosis sebagai salah satu bahannya.  Mie gomak fusion namanya. Kreativitas dalam mengolah makanan tidak bisa dibatasi memang. 

Bumbu-bumbunya pun mudah ditemukan, dari andaliman, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit bakar, jahe, dan kemiri yang kesemuanya dihaluskan.  Bumbu lainnya yang dipotong-potong adalah tomat, daun bawang, serta cabai. Untuk membuat hidangan semakin lezat, taburkan bawang goreng yang akan membuatnya semakin wangi.

Saya yakin mie gomak pun bisa mendunia seperti makanan lainnya. Oleh karena itu, mari kita lebih mengenal dan merasakan khasanah kuliner negeri sendiri. Berikut resep mi gomak yang dapat Anda coba. Mudah dan enak. Silakan dicoba!  

Resep Mi Gomak Kuah
Bumbu
  • 1000 ml kaldu ayam atau sapi
  • 500 ml santan
  • 500 gram mi lidi
  • 2 labu siam ukuran sedang, potong memanjang
  • 2 tomat, potong dadu
  • 2 lembar daun salam
  • 3 batang sereh, memarkan
  • 4 cm lengkuas, memarkan
  • Minyak goreng
Bumbu yang  Dihaluskan
  • 10 buah cabe merah
  • 10 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 cm kunyit, bakar
  • 3 cm jahe
  • 5 butir kemiri, hancurkan lalu di sangrai
  • 2 sdm andaliman
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
Cara Membuat
  • Rebus mie dengan air biasa matang bersama 2 sdm minyak goreng. Tiriskan
  • Panaskan 2 sdm minyak lalu masukkan bumbu halus beserta sereh, daun salam, dan lengkuas sampai harum
  • Tuangkan kaldu lalu masak hingga mendidih
  • Masukan labu siam.
  • Masukkan santan sedikit-demi sedikit sambil terus diaduk
  • Masak hingga labu siam empuk.
  • Tata mie di mangkuk lalu siramkan kuahnya
  • Mie gomak siap disajikan
    http://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Aktivitas/Jelajah-Gizi/Jelajah-Gizi-3-Makanan-Daerah-Yang-Mendunia
Share on Google Plus

About Sonta Frisca

Usaha tidak akan pernah sia-sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

  1. waaaa..penasaran dengan mie gomak ini mak, kirain beneran makanan italia lhoo..pasta..keren sangaat....

    BalasHapus
  2. Wahh. Jadi pgn coba masak ini di rumah..

    BalasHapus
  3. Wahh. Jadi pgn coba masak ini di rumah..

    BalasHapus
  4. Wahh. Jadi pgn coba masak ini di rumah..

    BalasHapus
  5. aku baru aja kenal mi gomak, dibawain teman, beli dekat rumahnya..
    enak rasanya, agak manis pedas, hampir mirip dengan rasa laksa bogor
    salam kenal ya mak

    BalasHapus
  6. Namanya unik...mudah2an enak.. dicoba dulu resepnya nih :)

    BalasHapus
  7. belum pernah merasakannya , ah, mienya juga lainnya ya lebih besar2

    BalasHapus
  8. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata kuliner Indonesia. Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah yang memiliki ke khasan wisata kulinernya masing-masing. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    BalasHapus