Diberdayakan oleh Blogger.

Restoran Kasih Diskon? Hati-Hati Saja Deh



www.freedigitalphotos.net

Beberapa minggu yang lalu ketika saya sedang berada di salah satu mall paling hit di Tangerang, saya tertarik dengan salah satu restoran yang menyajikan beraneka ragam bakso Singapura. Bukan hanya tampilannya yang menarik, potongan harganya juga menarik. Kebetulan saya juga memang sedang ingin makan makanan yang berkuah.

Pas sekali, sudah murah enak pula.

Saya pun memesan paket yang terdiri dari bihun, caisim, tahu, stik kepiting, dan berbagai jenis bakso. Untuk kuahnya saya memesan kaldu karena tidak suka dengan kuah tom yam yang asam. Saya pun meraciknya sesuai selera, memasukkan sambal, kecap asin, serta potongan cabe rawit ke mangkuk kuah hangat. Lezat tampaknya, saya pun tak sabar menyantapnya. Di gigitan pertama rasa baksonya enak, tetapi di gigitan selanjutnya terasa sekali kalau baksonya tidak segar.

Mungkin hanya baksonya yang tidak enak. saya pun kemudian memotong tahu cokelat yang tampilannya sungguh menarik. Sayangnya tahunya pun sama saja rasanya. Begitu juga dengan stik kepitingnya.  Sepertinya bahan makanan di restoran ini sudah terlalu lama disimpan dalam freezer sehingga tak lagi segar.  Karena sayang saya pun menghabiskan bihun, sayuran, dan kuahnya saja.

Sebenarnya pengalaman buruk seperti ini pernah saya alami sebelumnya. Makan di restoran yang memberikan harga diskon, tetapi berakhir dengan (sedikit) kegondokan. Pertama ketika saya makan di sebuah kafe di bilangan Jakarta Barat. Saya memesan nasi goreng komplet yang isinya adalah ayam goreng serta telur dadar ditambah dengan sambal terasi. Sayangnya, karena sedang program diskon, porsi yang diberikan lebih sedikit dibandingkan biasanya. Ini namanya bukan diskon.

Di resto lain, di waktu yang berbeda juga, saya pernah memesan tom yam. Pengalaman yang ini lebih menyebalkan karena udangnya hanya satu biji, walaupun ukurannya lumayan besar. Jadi sea food-nya seperti sedang mengambang di laut yang luas.   

Tanya Dulu Sebelum Pesan
Jangan mudah terkecoh dengan harga yang miring. Untuk menghindarinya, sebelum memesan tanyakan kepada pelayannya kenapa restoran memberikan diskon, apakah karena masih dalam promosi, perayaan tertentu, atau hanya untuk menghabiskan stok makanan yang ada.

Jika pelayan menjawab dengan ragu-ragu, kemungkinan besar alasannya adalah yang terakhir. Berhati-hatilah apalagi jika restoran tampak sepi. Namun jika Anda penasaran, cobalah untuk membeli satu porsi (meskipun akan ribet apalagi jika Anda membawa serombongan pasukan). Jika memang enak, barulah Anda memesan untuk yang lainnya.  

Semoga tips ini bermanfaat!
Share on Google Plus

About Sonta Frisca

Usaha tidak akan pernah sia-sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar:

  1. Seringggg mengalami
    Entah knapa yg didiskonin bahan makanan lama y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yahhh mesti kepo supaya terhindar yahhh

      Hapus
  2. begitulah :D jangankan restoran kayaknya. supermarket juga suka ngasih diskon buat buah-buahan & sayuran yang rada layu. hehehe. bisnis, uangnya harus muter cepet jadi diambil banyak jalan yg penting terjual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahhh... harus hati2. Klo harganya masih sesuai dengan kualitasnya ya rapopo.

      Tapi klo ngak, mending nga usah dibeli daripada nanti cuma bisa jadi sampah

      Hapus
    2. Iyahhh... harus hati2. Klo harganya masih sesuai dengan kualitasnya ya rapopo.

      Tapi klo ngak, mending nga usah dibeli daripada nanti cuma bisa jadi sampah

      Hapus
  3. Diskon makanan yang paling bener itu cuman fast food. Porsi sama, dan rasanya normal. Bukan kualitas yang sengaja diturunkan gitu.

    latest post: Metis resto review: http://goo.gl/nuXiZf

    BalasHapus