Diberdayakan oleh Blogger.

Cara-Cara Agar Cepat Kaya

Kota Humberstone yang terletak di Chille pada zaman dahulu terkenal sebagai kota pertambangan. Kota kecil di Amerika Selatan ini merupakan penghasil terbesar natrium, bahan dasar pembuatan pupuk yang amat dibutuhkan oleh para petani, baik di Eropa dan Amerika.

Oleh karena itulah, kota kecil ini begitu sejahtera. Ekspor natrium menjadi andalan perekonomian mereka. Berbagai fasilitas dibangun, mulai dari hotel, tempat belanja, hingga rumah sakit. Penduduknya yang berjumlah 3.500 orang pun hidup dengan makmur.

Namun kemakmuran tersebut sirna tiba-tiba ketika zat pengganti natrium ditemukan oleh seorang ilmuwan di Spanyol. Harga zat baru tersebut begitu murah sehingga pertambangan-pertambangan natrium di Humberstone terpaksa ditutup karena tidak ada lagi yang mau membeli natrium Humberstone dengan harga yang lebih mahal.

Tak lama dari kejadian tersebut, Humberstone menjadi kota mati. Semua penduduknya lari tunggang-langgang mencari tempat  penghidupan yang lebih baik.

Dapatkah Anda membayangkan bagaimana nasib para pengungsi Humberstone ketika harus meninggalkan tempat tinggalnya? Apakah mereka akan merana dengan perubahan yang tiba-tiba tersebut tanpa penghasilan yang sebesar di kota lamanya.

Jawabannya sangat tergantung dari bagaimana bijaknya mereka mengelola keuangan. Jika mereka mengelola keuangan dengan baik dan memiliki simpanan yang cukup, hidup  akan terasa lebih mudah di tempat baru. Namun, bagi orang-orang kurang bijak mengelola keuangannya, sudah dapat dipastikan kehidupan menjadi serba sulit. Karakter Anda menggunakan uang saat ini akan memengaruhi kehidupan Anda di masa akan datang. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan cara Anda membelanjakan uang Anda.

Hal tersebut disampaikan pada pogram Finance Literacy Sun Life pada acara Jumpa Blogger di Cafe XXI Plaza Indonesia dengan tema acara yang begitu menarik “Yuks Kelola Keuangan dengan bijak”. Hadir dalam acara ini perencana keuangan yang tak asing lagi bagi kita, Safir Senduk.

Acara ini dibuka oleh ibu Elin Waty, Direktur dan Chief Officer PT Sun Life Financial Indonesia.Di hadapan para blogger Beliau menyebutkan program Finance Literacy merupakan program CSR Sun Life terhadap  bangsa Indonesia untuk memiliki kesadaran dalam mengelola keuangan dengan bijak, mengingat tingkat konsumerisme Indonesia sudah berada dalam posisi gawat. 

Sun Life sudah berkomitmen melakukan edukasi ini di berbagai tempat. Salah satunya melalui berbagai lembaga pendidikan mulai dari tingkat SMK hingga perguruan tinggi. Sun Life juga memberikan program yang sama kepada ibu rumah tangga yang memiliki bisnis untuk tak sekadar menghasilkan uang, tetapi mampu mengelola keuangannya dengan baik.


Kini  giliran para blogger yang beruntung ikut serta dalam program finance literacy. Lebih beruntungnya lagi dapat bertatap langsung dengan Safir Senduk yang sudah tak diragukan lagi namanya dalam bidang perencanaan keuangan.  Pria ini memberikan banyak tips dan memberikan perspektif berbeda dalam hal pengelola keuangan.  


Ini yang Membuat Anda Kaya atau Miskin

“Siapakah yang paling kaya? Karyawan, profesional, atau pengusaha.”

Pertanyaan ini dilemparkan Safir Senduk di awal presentasi dengan pembawaannya yang begitu jenaka. Banyak peserta yang terpingkal-pingkal akibat humor-humor Safir Senduk yang begitu realistis. 

Hampir seluruh peserta menjawab pengusaha. Ternyata jawaban tersebut kurang tepat. Karena menurutnya orang yang paling kaya adalah orang yang bijak mengelola keuangannya dengan cara memiliki investasi  paling banyak.

Gaji dan jabatan seseorang tidak akan menjamim seorang kaya atau tidak. Belum tentu orang yang berpenghasilan besar lebih kaya dibandingkan orang dengan penghasilan ngepas. Belum tentu juga orang yang berpangkat tinggi akan lebih kaya dibandingkan dengan pegawai rendah.

Mengapa bisa demikian? Ini berhubungan dengan gaya hidup seseorang. Seberapa pun banyak gaji seseorang, tetapi jika pengeluarannya melebihi penghasilannya, orang ini masih dikatagorikan sebagai orang miskin. Pepatah yang tepat bagi orang ini adalah besar pasak daripada tiang.

Definisi orang kaya adalah orang yang mampu menyisihkan penghasilannya untuk investasi. Jika berada di posisi menengah, Anda adalah tipe orang yang juga menghabiskan seluruh penghasilan, tetapi sebagian penghasilan tersebut digunakan terlebih dahulu untuk membayar hutang.

Ini Caranya Jadi Orang Kaya
www.freedigitalphotos.net
Masuk ke jenis  manakah Anda? Saya harap Anda masuk ke katagori orang kaya. Namun jika Anda masih berada di katagori menengah bahkan miskin. Jangan khawatir, ada lima tips yang bisa membuat Anda kaya.
  •  Analisis di pos mana uang terbanyak Anda bocor, apakah di makanan, pakaian, atau hobi. Jika Anda sudah bisa mengidentifikasiya, perlahan-lahan tutup kebocoran tersebut sehingga uang aman tetap aman di brankas besi Anda.
  • Buatlah skala prioritas pengeluaran, mulai dari wajib, butuh, hingga ingin. Dahulukan pengeluaran dengan skala wajib, seperti membeli beras dan membayar uang sekolah anak-anak. Jika Anda hobi mengoleksi sepatu, lupakan duu untuk menambah satu koleksi sepatu booth bermerek karena itu hanya berada di skala  ingin dan tidak mendesak.
  • Hati-hati dengan godaan sale saat jalan-jalan ke mall.  Pusat perbelanjaan selalu memiliki strategi untuk menarik hati pengunjungnya. Jika Anda jeli, setiap bulan, pusat perbelanjaan selalu membuat acara diskon. Oleh karena itu, pasang kacamata kuda saat ke mall dan belilah barang-barang yang hanya dibutuhkan.
  • Miliki asuransi sehingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya besaruntuk sesuatu, misalnya saat rawat inap atau servis kendaraan. Ini benar-benar membantu menahan aliran uang Anda.

Ingin Kaya, Pahami Diri Dulu Anda 

www.freedigitalphotos.net
Dalam dunia ini, perempuan sering kali “dituduh” lebih boros dibandingkan lelaki. Namun pada kenyataannya, menurut Safir Senduk, lelaki dan perempuan merupakan dua mahluk yang sama borosnya, 
tetapi dengan karakter yang berbeda.

Perempuan memang bisa berkali-kali berbelanja lebih banyak dibandingkan lelaki. Namun pada saat berbelanja, perempuan akan mencari barang-barang yang murah. Lelaki bisa jadi hanya berbelanja sekali, tetapi total nominal belanjanya bisa jadi sama dengan perempuan, atau bahkan lebih.

Penelitian menyebutkan hal tersebut terjadi karena lelaki dan perempuan memiliki perbedaan dominasi otak. Lelaki lebih dominan menggunakan otak kanan, sedangkan perempuan lebih cenderung menggunakan otak kiri dalam menentukan pilihan-pilihan dalam mengelola keuangan.

Tak heran jika pria sangat menggunakan logikanya saat berbelanja. Laki-laki tidak peduli menggunakan baju yang itu-itu saja karena menurutnya pakaian itu masih layak  dipakai jika belum robek. Hal ini tidak berlaku untuk  perempuan.

Tak ada yang salah dengan dominasi otak. Namun jika Anda ingin menjadi orang yang bijak dalam mengelola keuangan, cobalah untuk menyeimbangkan pemakaian kedua belah otak Anda.

Komposisi Penggunaan Uang
www.freedigitalphotos.net
Ada orang yang mengartikan bijak dengan menekan seminimal mungkin pengeluarannya. Ingat bedakan antara irit dan  pelit. Ini merupakan dua hal yang berbeda. Bijak berarti berusaha agar pengeluaran tidak melebihi yang seharusnya.

Berikut komposisi yang tepat yang tiru sehingga Anda layak disebut sebagai orang yang bijakd dalam mengelola keuangan
  • Biaya hidup 50% dari total penghasilan.
  • Cicilan hutang 30% (jika ada cicilan rumah bisa 40%) dari total penghasilan.
  • Tabungan 10% dari total penghasilan.
  • Premi 10% dari total penghasilan.
Jika  Anda sudah bisa melakukan hal ini dengan konsisten, selamat Anda sudah masuk dalam katagori orang kaya.

Cara dan Waktu yang Tepat Berinvestasi
www.freedigitalphotos.com
Ada yang berpikir nanti saja jika sudah mulai berumur, barulah berinvestasi. Ini benar-benar salah. Sedini mungkin Anda sudah mulai berinvestasi karena dana-dana ini perlu Anda persiapkan bagi kehidupan Anda.
  • Dana menikah yang mahal bagi para single.
  • Rumah dan segela isinya bagi yang baru menikah.
  • Dana penddikan anak bagi yang sudah berkeluarga.
  • Dana pensiun bagi yang sudah memasuki usia senja.
Oleh karena itu, segeralah berinvestasi dan pilihlah investasi yang paling menghasilkan. Jangan terkecoh dengan investasi bodong yang sontak akan membuat Anda jatuh miskin. Jika ada lima janji-janji berikut saat Anda ingin memulai investasi, Anda perlu waspada. Biasanya janji-janji tersebut tidak bisa ditepati dan akan buat Anda gigit jari.
  • Bunganya besar.
  • Ada uang tunai yang akan diberikan setiap bulannya.
  • Bonus besar menanti jika Anda bisa menambah anggota baru.
  • Dijamin tidak merugi
  • Presentasi tidak masuk akal.
Segera tinggalkan, jika Anda ditawarkan investasi dengan janji-janji surga tersebut. Jika Anda sudah memahami betul tentang investasi bodong tersebut. Sekarang saatnya Anda memilih investasi yang memiliki kelebihan yang paling banyak. Setidaknya ada tiga investasi yang menawarkan hal tersebut.
  • Investasi saham
  • Investasi melaui manajer investasi
  • Investasi real estate.
Ini Caranya Memilih Manager Investasi

www.freedigitalphotos.net
 Pilihannya tergantung daripada Anda. Namun jika Anda memilih untuk berinvestasi melalui manajer investasi. Ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih manager investasi.
  • Reputasi perusahaan. Ini amat penting diperhatikan sudah berapa lama perusahaan tersebut berdiri dan apakah perusahaan tersebut memiliki kepercayaan atau tidak. Anda perlu mencari data yang banyak sebelum memutuskannya.
  • Ke mana perusahaan tersebut menginvestasikan uangnya. Ini juga perlu diperhatikan.Pastikan mereka menginvestasikannya kembali di tempat-tempat yang bonafid sehingga kesempatan untung Anda tinggi.
  • Bagaimana prestasi perusahaan tersebut selama ini. Rajin-rajinlah melihat mediia massa, sudah berapa banyak piala yang telah diperoleh. Ini juga bisa menjadi indikasi sehatnya manajer investasi Anda.    
Sun Life Pilihan Terbaik Berinvestasi


Jika melihat tiga syarat di atas, Sun Life bisa menjadi pilihan terbaik dalam melakukan investasi. Menurut Elin Waty, Direktur dan Chief Officer PT Sun Life Financial Indonesia, Sun Life sudah berdiri sejak 150 tahun yang lalu di Kanada. Sun Life sudah terbukti memiiki reputasi yang sangat baik karena mampu melewati berbagai gelombang kesulitan keuangan skala dunia hingga Perang Dunia I dan II. Sampai saat iini tetap terbukti dapat berdiri tegak dan tetap berkomitmen sebagai pemimpin dalam bidang asuransi dan wealth management.

“Sun Life sangat komitmen dengan para nasabahnya.” Tuturnya sambil menceritakan kisah tentang seorang ahli waris yang memiliki polis asuransi yang tercetak pada tahun 1907. Setelah dicek di Kanada mengenai data polis tersebut, Sunlife kemudian mencairkan apa yang menjadi hak nasabah.

Bagi Anda yang belum mengetahui kapan Sun Life masuk ke Indonesia, ternyata sudah sejak zaman baheula memiliki kantor pemasaran di Surabaya. Namun karena masa-masa sulit pada tahun 1949, perusahaan tersebut hengkang dari bumi pertiwi ini. Hingga akhirnya Sun Life kembali masuk ke Indonesia pada tahun 1995. Saat ini sudah memiliki 169 kantor pemasaran di 56 kota.

Investasi Sun Life juga setiap tahunnya selalu mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Ini  yang membuat Sun Life bisa menjadi andalan kita untuk urusan investasi. Ditambah lagi dengan berbagai prestasi yang telah diraih oleh Sun Life dari lembaga-lembaga yang sangat kompeten.

Dengan “Life's brighter under the sun”, Sun Life menawarkan beragam produk finansial yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Produk-produknya mencakup mulai dari produk asuransi pendidikan dan kesehatan, hingga perencanaan masa pensiun, serta investasi. Semua produk tersebut menjawab tiga kebutuhan keuangan yang mendasar: kebutuhan akan perlindungan, kebutuhan akan tabungan dan kebutuhan akan investasi.

Tunggu apalagi percayakan  investasi Anda di Sun Life Financial. Langkah bijak mengelola keuangan Anda untuk masa depan yang baik!
Share on Google Plus

About Sonta Frisca

Usaha tidak akan pernah sia-sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

16 komentar:

  1. Lengkap banget infonya Mbak.. Memang kita mesti pintar2 mengelola keuangan kita agar tak terjebak dalam keterpurukan finansial dalam rumahtangga kita masing2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba... bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian

      Hapus
  2. Makasih banyak infonya, lengkap bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba. Thanks for visiting

      Hapus
  3. Makasih banyak infonya, lengkap bermanfaat

    BalasHapus
  4. komplit, makasih sudah sharing ya Mak, mudah2an jadi bisa lebih baik lagi mengelola keuangannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnnn..... semoga sajahhhhh makkkkk

      Hapus
  5. Dalam dunia ini, perempuan sering kali “dituduh” lebih boros dibandingkan lelaki. Namun pada kenyataannya, menurut Safir Senduk, lelaki dan perempuan merupakan dua mahluk yang sama borosnya,
    tetapi dengan karakter yang berbeda. <--- ini bener banget mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.... bener banget... dua-duanya pelaku......

      Hapus
  6. Aku kudu bisa mengerem borosku ni mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mba.... jangan sampe kebablasannn

      Hapus
  7. hiks.. saya sering bocor gegara belanja online.. keasyikan klik klik.. lupa kalo bayarnya pake duwit betulan.. huuuhuhuhuhuhuh

    btw salam kenal dari pipitta,com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak... yuks belajar terus untuk bisa berinvestasi.

      Salam kenal juga

      Hapus
  8. Aku juga mulai mempelajari investasi nih mak. Keren2 tipsnya. Emang segede apapun penghasilan kalo gaya hidupnya hura2 ya tetep abis aja uangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa mak...sisihkan uang untuk investasi... jangan kebanyakan foya-foya

      Hapus