Diberdayakan oleh Blogger.

Tolong Badanku Menggendut Saat Puasa!



Banyak orang yang memakai momen ibadah puasa sambil melaksanakan diet. Prinsipnya sama seperti pepatah ini, “sambil menyelam minum air”. Tentunya diet sama sekali tidak bermaksud mengurangi kekhusukan dalam menjalankan puasa. Sambil beribadah, tubuh pun ikut melangsing. 

Jumlah asupan makanan yang berlebihan membuat tubuh membesar meskipun pada saat berpuasa (freedigitalphotos.net)
Namun sayangnya, puasa tidak otomatis membuat tubuh langsing, bahkan di beberapa kasus timbangan malah kian membengkak.Contohnya saja Ina, wanita karier yang selalu memiliki masalah dengan berat badan. Dia kesulitan melakukan diet pada hari-hari biasa. Terlalu banyak godaannya. Namun pada saat puasa, dia yakin tubuhnya  akan melangsing.

Namun seminggu kemudian, dia mulai menelan pil pahit. Ternyata berat badannya malahan naik. Apa yang salah denganku? Kenapa badan makin membesar? Jangan  bersedih dulu, nanti puasa Anda malahan batal karena terlalu banyak mengeluh.

Penyebab Berat Badan Naik Saat Puasa
Menurut dr. Grace Junio  dalam acara “Nangkring Sunpride Road To Fruit Summit 2015” pada tanggal 27 Juni 2015 di Hotel Ibis Jakarta, tak serta merta ketika kita berpuasa, berat badan kita akan menurun. Penurunan dan kenaikan berat badan amat tergantung dengan jumlah makanan yang kita asup.

Jika makanan yang diasup lebih sedikit daripada kebutuhan kalori yang dibutuhkan, berat badan akan turun. Namun jika makanan yang diasup lebih banyak, berat badan pasti akan meningkat. Kesalahan diet pada saat puasa biasanya sudah dimulai pada saat berbuka, yaitu makan takjil yang tinggi kalori dengan jumlah yang tidak terkontrol, mulai dari gorengan, sirup, hingga kolak.

Sering kali pada saat kebutuhan kalori sudah terpenuhi sepenuhnya pada saat memakan takjil. Kalau sudah begini, berat badan tidak akan terkontrol.

Tiga Cara untuk Melangsing
 Ada  beberapa cara yang diberikan oleh dr. Grace agar badan bisa melangsing. Cara ini bisa dilakukan setiap hari, bukan hanya pada saat Anda berpuasa.

1.       Ketahui kebutuhan kalori Anda setiap hari
Semua manusia membutuhkan kalori untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari, tetapi jumlahnya berbeda untuk tiap-tiap orang. Banyak tidaknya kalori yang dibutuhkan sangat bergantung pada jenis kelamin, usia, berat badan, jumlah otot, dan keaktifan gerak seseorang.

Untuk mengetahui kebutuhan kalori yang tepat, ada berbagai rumus yang bisa Anda gunakan. Namun bagi Anda yang tidak mau ribet, kami akan memberitahukan berapa kalori yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Peremuan dewasa membutuhkan 1200-1400 kalori, sedangkan pria 1.400-1.800 kalori.

2.       Ketahui kalori makanan Anda dan hitung total asupannya
Jika Anda sudah mengetahui kebutuhan kalori  harian Anda, pastikan untuk tidak pernah makan melebihi batas tersebut. Bila ingin langsing, Anda harus makan kurang daripada yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan demikian,timbunan lemak Anda akan menggantikan kebutuhan kalori Anda. Hal inilah yang akan membuat Anda melangsing.

Cara termudah untuk mengurangi jumlah kalori adalah memilih makanan yang rendah kalori, seperti mengganti beras putih dengan beras merah dan mengganti kudapan gorengan dengan buah segar. Namun demikian, Anda juga harus tetap memperhatikan jumlah yang diasup.

3.       Bergerak lebih banyak
Puasa menyebabkan kita lebih malas bergerak agar menjaga kondisi lebih fresh. Hal tersebutlah yang menyebabkan tubuh semakin membesar pada saat puasa. Oleh karena itu,disarankan untuk bergerak lebih banyak agar tubuh cepat melangsing.

Yukks ikuti tiga langkah tersebut agar badan tetap melangsing. Selamat menjalankan ibadah puasa!
Share on Google Plus

About Sonta Frisca

Usaha tidak akan pernah sia-sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar