Diberdayakan oleh Blogger.

Kuning Telur yang Berwarna Kebiru-biruan Berkurang Kandungan Proteinnya


Saya tidak suka jika warna kuning telur rebus berubah menjadi menjadi kebiruan-kebiruan di lapisan terluarnya. Warnanya menjadi tidak cantik dan natural. Oleh karena itu, saya selalu mengusahakan agar kuning telur tak berubah warna setelah direbus. Hingga suatu saat saya tahu, kebiasaan untuk menghasilkan kuning telur dalam warna natural (kuning) adalah sesuatu yang baik. Karena menurut penelitian, kuning telur yang sudah berubah warna menandakan kandungan protein dalam telur tersebut sudah berkurang.
www.freedigitalphotos.net

Perubahan warna kuning telur mengindikasikan munculnya senyawa besi dan sulfur pada telur rebus. Meskipun ini tidak membahayakan tubuh dan juga  tidak menyebabkan perubahan rasa pada telur, sepertinya Anda perlu mengetahui tips merebus telur dengan baik sehingga kandungan protein yang ada dalam telur dapat terserap seluruhnya oleh tubuh. Tidak berkurang pada saat proses pemasakan. Oleh karena itu, selalu perhatikan berapa lama telur boleh direbus serta tips-tips lainnya untuk mendapatkan telur yang matang sempurna. Berikut tips-tips yang dapat Anda lakukan.

Waktu Merebus
Perubahan warna lapisan terluar kuning telur terjadi karena terlalu lama merebus telur. Oleh karena itu, selalu gunakan stop watch ketika hendak merebus telur. Waktu yang ideal untuk merebus telur adalah 10 menit. Namun jika Anda menginginkan telur yang sedikit lunak, cukup merebusnya dalam waktu enam menit. Setelahnya, taruh telur ke dalam  air dingin sehingga telur menjadi dingin. Pengelupasan nantinya dapat mudah dilakukan jika Anda melakukan proses tersebut.

Selain itu jika Anda juga terlalu lama merebusnya, tekstrur telur pun menjadi seperti karet jika dimakan.

Beri Jarak Antar-Telur
Jika Anda memasak beberapa telur sekaligus, beri jarak antar-telur sehingga telur lebih mudah masak. Jangan memasukkan banyak telur dalam satu panci. Jika terlalu padat, telur lebih berisiko berbenturan sehingga menyebabkan telur menjadi retak. Setelahnya, puutih telur merembes mengotori air rebusan telur. Selain itu,  pastikan ketinggian telur melebihi telur itu sendiri.  

Normakan Suhu Telur
Jika Anda menaruh telur dalam lemari es, jangan langsung menaruhnya ke  dalam air panas. Diamkan telur hingga beberapa menit sehingga suhunya sama dengan  suhu kamar. Jika sudah begitu, barulah Anda merebusnya. Dengan demikian, Anda tak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merebusnya dan telur pun terhindar dari kerusakan.https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=4251261051054910883#editor/target=post;postID=7186991943248664573
Share on Google Plus

About Sonta Frisca

Usaha tidak akan pernah sia-sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar