Diberdayakan oleh Blogger.

Jangan Beli Ayam Goreng yang Sudah Lebih dari Empat Jam Digoreng


Ayam goreng tepung renyah merupakan makanan favorit anak-anak di mana pun. Oleh karena itu, banyak bermunculan penjual ayam goreng, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran. Namun untuk menjaga kesehatan, jangan beli ayam goreng yang sudah dipajang di etalase lebih dari empat jam.
www.freedigitalphotos.net

Sebagai seorang ibu kita memang harus memastikan bahwa makanan yang kita sajikan adalah makanan yang sehat. Namun tidak setiap saat kita memiliki waktu untuk memasak makanan sendiri. Ada saatnya kita membeli makanan yang tidak kita ketahui bahan, bumbu, dan cara memasaknya.

Kita harus jeli dan aktif menanyakan hal-hal tersebut sehingga makanan yang kita beli benar-benar sehat dan layak dimakan. Namun khusus untuk ayam goreng, ada satu hal yang sangat penting Anda tanyakan, yaitu jam berapa ayam tersebut digoreng.  Menurut Bapak Irwan, pengelola Restoran ayam goreng Hefchick, ayam goreng paling baik dikonsumsi sebelum 4 jam setelah digoreng. Setelah waktu tersebut, lebih baik Anda jangan membelinya. 

Ayam yang sudah lebih dari empat jam sejak digoreng sudah “diserang” oleh koloni kuman yang berasal dari udara. Ayam goreng tersebut sudah tidak baik untuk dikonsumsi meskipun masih enak dan renyah. Hal-hal sederhana ini penting untuk diketahui oleh para ibu. Ibu jangan segan-segan menanyakan tersebut ketika ingin membeli ayam goreng.

Minyak Padat Versus Minyak Cair
Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah apakah penjualnya menggunakan minyak padat atau minyak yang seperti ibu gunakan di rumah. Masih menurut Bapak Irwan,  ibu lebih baik memilih penjual ayam goreng yang menggunakan minyak padat. Mengapa demikian? Karena minyak padat diperuntukkan untuk keperluan non-rumah tangga. Titik didihnya lebih tinggi dibandingkan minyak cair biasa. Titik didih berpengaruh terhadap risiko kanker. Jadi, akan lebih sehat menggunakan minyak padat dibandingkan minyak cair karena kebutuhannya memang berbeda.

Hal-hal sederhana tersebut amat perlu ibu perhatikan. Hal kecil berawal dari hal-hal besar. Semoga Anda dan keluarga selalu dalam keadaan sehat.



Share on Google Plus

About Sonta Frisca

Usaha tidak akan pernah sia-sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. Brarti kalo masak di rumah secukupnya aja yang mau dimakan ya mak, ngga boleh buat ntar siang dimasak pagi

    BalasHapus
  2. Mestinya begitu. abis sekali makan aja mak, biar sehat

    BalasHapus
  3. selama ini aku jg gitu mba... biasanya abis skali makan... :D lagian aku ma suami jg kerja...jd mba ART di rumah udh biasa masak sdikit krn kdg2pun kita ga makan jg di rumah..

    BalasHapus
  4. Mestinya begitu. abis sekali makan aja mak, biar sehat

    BalasHapus