Diberdayakan oleh Blogger.

Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan. Normalkah?

Bagi Anda yang menstruasi lebih dari sekali dalam sebulan, jangan langsung berpikir negatif sambil bertanya dalam hati “ada apakah dengan diriku?” Sebelum Anda tunggang-langgang berkonsultasi ke dokter, ada baiknya Anda membaca artikel ini.  
Sumber: freedigitalphotos.net
Tiap-tiap wanita memiliki masa menstruasi yang berbeda. Siklus untuk anak remaja tidak sama dengan siklus wanita berusia 25-40 tahun, begitu juga pada wanita yang mendekati masa menopause. Untuk wanita yang berusia 25-40 tahun, siklus menstruasi yang normal adalah 21-35 hari.

Anggap saja siklus Anda adalah 25 hari. Jika Anda menstruasi pada tanggal 3 lalu Anda kembali menstruasi pada tanggal 29 di bulan yang sama, tentu saja itu bukan sesuatu yang abnormal. Justru sebaliknya, siklus menstruasi Anda teratur. Ini merupakan pertanda yang baik bagi kesehatan reproduksi Anda.  

Masalahnya adalah ketika banyak perempuan tidak mengetahui siklus haidnya. Inilah yang sering mengacaukan. Kalimat “tanggal menstruasi aku selalu saja maju” sering kali terucap. Padahal pada kenyataannya, siklus sama hanya karena karena bulan tak selalu memiliki jumlah tanggal yang sama.

Padahal bisa jadi siklusnya memang tergolong pendek, misalnya 21-25 hari. Namun,dia tidak menyadarinya. Oleh karena itu, Anda harus memiliki catatan sendiri mengenai siklus Anda. Jika Anda rutin melakukannya, Anda akan tahu sebenarnya berapa hari siklus menstruasi Anda.  

Siklus Menstruasi Tentukan Masa Subur Anda
Sangat penting mengetahui siklus menstruasi Anda, baik bagi pasangan yang ingin memiliki maupun sedang mengontrol keberadaan anak. Dari sanalah Anda dapat mengetahui apakah Anda berada pada masa subur atau tidak. Ini dapat dilakukan dengan catatan jika siklus menstruasi Anda teratur.

Masa paling subur berada dari 12  hingga 18 hari sebelum menstruasi hari pertama. Hari ke-14 adalah hari yang paling subur. Hari ke-3 hingga 9 setelah menstruasi juga merupakan masa subur. Hari ke-7 merupakan yang tersubur. Waktu-waktu tersebut amat penting bagi Anda yang menginginkan kehadiran anak dalam keluarga Anda.

Namun jika Anda sedang mengendalikan kelahiran seorang anak, Anda dapat menghindari hari-hari tersebut.
Share on Google Plus

About Sonta Frisca

Usaha tidak akan pernah sia-sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar